1 Mengenal Pilar Islam Kedua: Sholat

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW tentang Rukun Islam, Pilar Islam kedua adalah mendirikan Sholat 5 waktu. Lima waktu sholat tersebut adalah sholat Zhuhur, sholat Ashar, sholat Magrib, Sholat Isya dan Sholat Subuh. Inilah sholat lima waktu yang wajib dilakukan oleh seorang muslim. Berikut artikel tentang pengertian Sholat yang menjadi salah satu pilar Islam disarikan dari blog muslim.or.id.




Pengertian Sholat

Sholat menurut bahasa berarti do’a. Sedang menurut istilah berarti ibadah yang dimulai dengan takbir perbuatan, gerakan, dan ucapan tertentu yang diakhiri dengan salam serta memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan syarat.


Syarat Sholat.
  1. Telah masuk waktu sholat.
  2. Suci badan, pakaian dan tempat dari berbagai najis yang tidak dimanfaatkan.
  3. Suci badan dari hadast besar maupun kecil.
  4. Menutup aurat.
  5. Menghadap kiblat.
Sholat merupakan tiang agama dan merupakan ibadah yang mempunyai keistimewaan tersendiri, terlihat dari proses turunnya perintah mengerjakan sholat. Dalam peristiwa Isra' Mi'raj, Rasulullah SAW dipanggil langsung menghadap Allah SWT di Arasy untuk menerima perintah sholat secara langsung tidak melalui perantara Malaikat Jibril.

Sabda Rasulullah SAW : “Sholat itu adalah tiang pokonya agama. Maka barang siapa yang menegakkan sholat sungguh ia telah menegakkan agama. Dan barang siapa meninggalkan sholat sungguh ia telah merobohkan sholat”.

Sholat merupakan pembeda antara orang yang beriman dengan orang yang tidak beriman sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Sesungguhnya yang memisahkan antara seseorang dengan kesyirikan dan kekufuran adalah meninggalkan sholat.” (HR. Muslim).

Sholat bagi umat Islam merupakan kewajiban yang bersifat individual atau sering disebut fardhu ‘ain. Saat seseorang sedang menegakkan sholat berarti sedang bermunajat kepada Allah SWT. Oleh karena itu haruslah gerak dan ucapan yang dilakukan selalu diiringi dengan gerak jiwa yang bersifat batiniyah. Sholat merupakan satu sarana mengingat Allah. Dan dengan selalu ingat kepada Allah, hati akan menjadi tentram.

Mendirikan sholat adalah kewajiban setiap muslim yang sudah baligh dan berakal. Adapun seorang muslim yang hilang kesadarannya, maka ia tidak diwajibkan mengerjakan sholat berdasarkan hadits dari Ali rodhiallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau berkata, “Pena diangkat dari tiga golongan, dari orang yang tidur sampai dia bangun, dari anak kecil sampai dia mimpi dan dari orang gila sampai dia sembuh.” (HR. Abu Daud No 12,78 dan 4370 Lihat di Shohih Jami’us Shaghir 3513 ).

Walaupun demikian, wali seorang anak kecil wajib menyuruh anaknya untuk sholat agar melatih sang anak menjaga sholat lima waktu. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perintahkanlah anak kalian yang sudah berumur tujuh tahun untuk mengerjakan sholat, dan pukullah mereka agar mereka mau mengerjakan sholat saat mereka berumur 10 tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka.” (Hasan, Shahih Jami’us Shaghir 5868, HR. Abu Daud)

1 comments:

  1. Dovo for Dovo for Dovo - titanium-arts.com
    Dovo titanium network surf freely for Dovo. Dovo in the titanium ore terraria following 3 stores: · oakley titanium glasses Dovo · Dovo · Dovo titanium bar stock · Dovo · Dovo · Dovo · Dovo · Dovo · Dovo · Dovo · Dovo · Dovo · Dovo $29.99 · ‎In stock properties of titanium

    ReplyDelete

 

Islam Itu Damai dan Indah Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates